Thursday, November 20, 2014

Mengatasi Sakit Perut atau Diare Karena Sambal

Pasti kita pernah merasakan sakit perut atau diare setelah mengkonsumsi cabe atau sambal dalam jumlah banyak. Berikut saya kutip dari artikel Amirsyah di Kompasiana:

Bila mengalami masalah seperti ini dan sedang berada di luar rumah maka saya segera mencari susu untuk meredakan cetar membahananya perut yang bergolak. Susu apa saja tidak masalah, namun yang paling efektif menurut pengalaman saya adalah susu yang tidak mengandung gula (tidak manis).

Bila sedang berada di rumah, maka obat sakit perut dan diare saya adalah meminum susu yang biasa diminum anak balita saya. Susu tersebut adalah susu bubuk yang mengandung prebiotik dan temulawak. Cukup minum satu gelas, maka sakit perut dan diare biasanya langsung berhenti, perut pun kembali nyaman dan siap untuk makan sambal super pedas lagi. Tapi bila diarenya lumayan berat maka frekuensi minum susu lebih sering dan lebih banyak.

Karena penasaran sakit perut/diare karena overdosis sambal super pedas akan reda dan sembuh setelah minum susu anak tersebut, sayapun googling mencari tahu sebabnya. Ternyata saya menemukan banyak artikel kesehatan yang membahas efektivnya susu dan temulawak dalam meredakan dan menyembuhkan sakit perut dan diare. Saya pun akhirnya selalu menggunakan cara ini bila mengalami sakit perut/diare daripada harus minum obat yang berbahan kimia.

Tapi saya tidak tahu apakah orang lain juga akan merasakan efek yang sama bila sakit perut/diare dan mengobatinya dengan susu. Bagi yang berminat silahkan mencoba, tapi ingat: Bila sakit berlanjut segera ke dokter dan jangan salahkan saya, he he he:) Tapi swear cara ini telah berulang kali efektif menyembukan sakit perut/diare saya terutama karena overdosis makan sambal super pedas.

No comments:

Post a Comment